Senin, 30 Maret 2009

Mbah Fadillah (mbah Fadil Genthan)



Mbah Fadillah adalah ulama pendiri pondok di Genthan Ngrupit Jenangan Ponorogo, beliau adalah mursyid pertama Toreqoh Naqsabandiyah di Ponorogo, beliau seangkatan dan sekaligus teman dengan Mbah Kaji Dullah (Masih keturunan Kyai Ageng Besari Tegalsari) Pilang Surodikraman Ponorogo.

Beliau dimakamkan dibelakang masjid yang didirikan oleh beliau. Dan uniknya masjid genthan ini diambil dari kata "Gentha" yang artinya lonceng yang menggema, dari cerita orang-orang tua dulu pada setiap jam tertentu dari masjid ini terdengar lonceng, tersering pada waktu tengah malam.

Murid terkenal beliau adalah Kyai Abu Dawud pendiri Pondok Pesantren Durisawo nologaten Ponorogo, dan di pondok inilah Kyai Zarkasi penerus pendiri pondok Darussalam Gontor (Trimurti Gontor) menimba ilmu  dan sekaligus dibaiat Thoreqoh Naqsabandiyah

Kembali ke masjid Genthan, di masjid ini diserambi kanan kiri dibuat kamar-kamar yang kemungkinan dipergunakan untuk i'tikaf bertafakur, dan sampai saat ini masih dipakai, dan dimasjid Durisawo juga menirukan hal ini, sayang perhatian Pemda (Dinas yang terkait kurang dalam melestarikan peninggalan yang sangat berharga ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar